Rabu, 30 September 2009

Mcam-Macam Jaringan Komputer

A. LAN atau Local Area Network

LAN atau Local area Network adalah suatu jaringa komputer yang menghubungkan komputer atau workstation yang satu dengan komputer yang di rumah atau perkantoran.Jaraknya dibatasi sampai beberapa kilometer dan memiliki kecepatan koneksi antara 2-10 mega byte per secon.

Jaringan LAN terbagi atas jaringan client/server.Komputer client selalu meminta pelayanan kepada komputer server.Komputer server melayani komputer client dengan fasilitas seperti file server, print server,web server,dan mail server.Tipe jaringan ini sangat sesuai untuk meningkatkan keamanan data.Adapun tipe peer-to-peer adalah tipe jaringan yang memperlakukan semua komputer setara.Tidak ada yang dilayani dan melayanisemua komputer bertindak sendiri-sendiri,tetapi saling dapat berhubungan untuk saling sharing resources.Teknologi yang biasanya dipakai LAN adalah Ethernet,Token Ring, dan FDDI.


B. MAN atau Metropolitan Area Network

MAN atau Metropolitan Network pada prinsipnya sama dengan LAN,hanya saja ukuran jaringannya lebih besar dibandingkan LAN. Jarak yang ditempuh oleh MAN adalah berkisar antara 10-50 km. MAN sangat cocok diterapkan membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dalam kota yang sama.


C. WAN atau wide area Network

WAN atau wide area network adalah sebuah jaringanyag memiliki jarak yang luas. WAN dapat menghubungkan jaringan antar negara bahkan benua. Komputer, printer dan alat lainnya pada LAN dapat terhubung secara jarak ja
uh.Salah satunya tujuan lain pembuatan WAN adlah untuk penyediaan layanan e-mail,WWW,dan transfer life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar